Jurnal Audiens
Vol. 1 No. 2 (2020): September

Eksploitasi Tubuh Wanita dalam Iklan Dolce & Gabbana

Tasya Nurian Afifah (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Azizah Wiladatur Rahma (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Yusack Tri Nur Cholis (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Iklan merupakan suatu media untuk mempromosikan sebuah produk atau brand. Banyak pengiklan berlomba-lomba mencari cara untuk menarik minat pembeli agar barangnya dibeli oleh masyarakat. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut, adalah dengan menampilkan sisi sensualitas dari perempuan. Sisi sensualitas dari perempuan menjadi bumbu tambahan dalam sebuah iklan, perempuan selalu menarik untuk dijadikan objek bagi para pengiklan dan hanya dijadikan sebagai penambah keuntungan semata. Penelitian ini dirancang untuk menganalisis iklan Dolce & Gabbana pada tahun 2007 yang mengeksploitasi tubuh dari perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode deskriptif dan analisis semiotika Roland Barthes yang mengembangkan pemikiran dari Ferdinand De Saussure. Analisis yang dilakukan yaitu dengan melihat tanda-tanda yang muncul dalam gambar iklan di media cetak Dolce & Gabbana tahun 2007, mulai dari ekspresi wajah, pose tubuh, busana yang digunakan, jumlah pria dalam gambar, hingga teknik pengambilan gambar dalam iklan tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...