Jurnal Audiens
Vol. 1 No. 2 (2020): September

Eksploitasi Sensualitas Tubuh Perempuan dalam Iklan Cat Avian Versi Awas Cat Basah

Ilma Hanifa Madina (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Ajeng Dyah Kumala (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Seringkali sensualitas perempuan dieksploitasi melalui iklan-iklan komersil dengan tujuan menarik perhatian audiens. Dalam iklan, tubuh perempuan dieksploitasi dengan menampilkan gambar atau kata-kata yang berbau erotis. Tujuan pengiklan menggunakan perempuan sebagai model, tak lain adalah untuk menarik perhatian target audiens dan mendapatkan keuntungan. Iklan cat Avian versi Awas Cat Basah adalah salah satu iklan yang dinilai telah mengeksploitasi sensualitas tubuh perempuan secara gamblang. Penelitian ini bertujuan untuk membongkar visualisasi dan narasi eksploitasi sensualitas perempuan dalam iklan cat Avian versi Awas Cat Basah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah male gaze theory. Adapun teknik analisis yang dilakukan adalah dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi kamera dalam iklan cat Avian versi Awas Cat Basah digambarkan sebagai perpanjangan mata laki-laki. Posisi laki-laki merupakan objek aktif, sementara perempuan merupakan objek pasif yang tidak memiliki kendali atas dirinya sendiri melainkan hanya sebagai pemuas hasrat dari kaum laki-laki.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...