Jurnal Audiens
Vol. 1 No. 2 (2020): September

Representasi Perempuan Sosialita dan Budaya Konsumen pada Iklan Magnum

Istifa Nastia (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakart)
RR. Almira Rahma F (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Es krim Magnum telah hadir di Indonesia dengan segmentasi yang berbeda dari es krim lainnya. Iklan Magnum telah memberikan sensasi kemewahan layaknya kalangan sosialita. Sebagai es krim yang memiliki kualitas tinggi, iklan Magnum membuat perempuan ingin memanjakan diri di tengah kesibukan sehari- hari. Objek penelitian ini adalah iklan Magnum. Iklan Magnum menjelaskan sosok perempuan sosialita yang sedang menikmati waktu luang disela kesibukannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, adapun teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana representasi perempuan sosialita dan budaya konsumen pada iklan Magnum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Magnum telah merepresentasikan kehidupan perempuan sosialita yang konsumeris ditunjukkan dengan hobinya mengunjungi café atau klub malam mewah, memakai pakaian glamor, dan berpesta di diskotik yang megah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...