Jurnal Audiens
Vol. 1 No. 2 (2020): September

Representasi Stereotip Etnis Tionghoa dalam Iklan Bukalapak Edisi Imlek

Salma Safira Salsabila (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Fara Afwa Nasikha (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakartai)
Maudy Aulia Putri (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Iklan merupakan bentuk komunikasi berbayar tentang suatu organisasi, produk, servis, atau ide oleh sponsor yang diidentifikasi. Iklan dibuat untuk menerima timbal balik yang cepat dari penerima pesan. Untuk memenuhi timbal balik yang cepat, Bukalapak membuat iklan dengan menampilkan budaya etnis Tionghoa sebagai alat untuk menarik perhatian penerima pesan. Penelitian ini dirancang untuk menganalisis stereotip dalam iklan Bukalapak edisi Imlek. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis semiotika Roland Barthes. Analisis yang dilakukan yaitu dengan melihat tanda-tanda yang digunakan dalam iklan Bukalapak edisi Imlek tahun 2017. Temuan penelitian menunjukan bahwa iklan Bukalapak edisi Imlek mengandung stereotip etnis Tionghoa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...