Era disrupsi digital membuat banyak perusahaan melakukan transformasi dan inovasi untuk memperkuat bisnisnya. Transformasi media tersebut terjadi pada penyiaran televisi, yaitu Jawa Pos Grup dengan induk jaringannya Jawa Pos Multi Media (JPM) yang meluncurkan inovasi aplikasi televisi digital berbasis streaming, yang diberi nama JPM Stream. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen media yang diterapkan JPM Stream, agar tetap bertahan di persaingan pada era disrupsi digital. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian studi kasus. Pengambilan data primer dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pengelola JPM Stream dan data sekunder menggunakan laporan kinerja perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tim JPM Stream memiliki pola manajemen media yang efektif, melalui networking, mengingat JPM Stream adalah rumah bagi televisi jaringan Jawa Pos. Aplikasi JPM Stream adalah pionir aplikasi integrasi televisi jaringan. Kajian ini juga menunjukkan JPM Stream memiliki eksklusivitas dengan kanalnya dan menggunakan jadwal jaringan secara nasional untuk mempromosikan aplikasi JPM Stream melalui televisi jaringan Jawa Pos Grup.
Copyrights © 2020