Jurnal Audiens
Vol. 2 No. 2 (2021): September

Representasi Tubuh Ideal Perempuan dalam Iklan Thermolyte Plus

Salsabila Aulia Putri (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Arinda Novitasari (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Hasna Arsita Khoirunnisa (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah kompleksitasnya mengenai standar kecantikan pada sosok perempuan. Perempuan yang ditunjang memiliki visual yang sempurna menjadi suatu tuntutan dalam perempuan untuk menampilkan sosok dirinya. Adapun penelitian ini memiliki tujuan untuk memaparkan mengenai tubuh ideal perempuan yang terdapat pada iklan Thermolyte Plus. Tubuh ideal perempuan sering kali direpresentasikan media massa dengan makna yang berbeda, dimana makna tersebut berbeda dengan makna sebenarnya tentang tubuh ideal pada perempuan. Kesepakatan yang terjadi dimasyarakat membuat adanya persepsi akan makna tubuh ideal perempuan sesuai dengan apa yang media tampilkan. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan kajian kritis dan juga menggunakan metode semiotika untuk menganalisis objek penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu iklan Thermolyte Plus merepresentasikan bahwa sosok perempuan ideal wajib memiliki tubuh yang langsing tanpa lemak berlebih karena dengan tubuh langsing tersebut akan membuat perempuan percaya diri untuk tampil.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...