Jurnal Audiens
Vol. 3 No. 2 (2022): June

Representasi Maskulinitas dan Tubuh Pria Ideal dalam Iklan Shampoo Clear Man Versi Cristiano Ronaldo

Arkhan Nurtiaz Faadihilah (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Dimas Hanif Pangestu (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Kemal Akroman Shidiq (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini membahas representasi maskulinitas dan tubuh ideal pria dalam iklan Shampoo Clear Man versi Cristiano Ronaldo tahun 2017. Representasi menjadi konsep penting dalam kajian tentang tanda, termasuk di dalamnya adalah kajian tentang tanda yang dihadirkan oleh iklan. Melalui kajian tentang representasi dalam iklan, kita dapat melakukan kajian tentang hegemoni dari kelas berkuasa terhadap kelas yang lain. Maskulinitas adalah seperangkat praktik sosial dan representasi budaya terkait dengan seorang pria. Maskulinitas juga digunakan dalam pengakuan bahwa cara menjadi manusia dan representasi budaya tentang pria bervariasi, baik secara historis dan budaya, antara masyarakat dan antara pengelompokan pria yang berbeda dalam satu masyarakat. Dalam mendapatkan jawaban rumusan masalah dari penelitian ini, kami menggunakan metode penelitian semiotika Ronald Barthes. Setelah mengiterpretasikan serta mengkaji iklan Shampoo Clear Man versi Cristiano Ronaldo, dengan demikian kami memperoleh hasil bahwa sifat maskulinitas dan tubuh pria ideal yang digambarkan dalam iklan tersebut adalah memiliki tubuh kekar, berpenampilan rapi, dan selalu tampil percaya diri. Hal ini selaras dengan stereotip yang beredar dalam masyarakat Indonesia bahwa seorang pria ideal digambarkan dengan penampilan yang rapi, tubuh kekar atau tegap, untuk menunjang rasa percaya diri yang tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...