Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam
Vol 4 No 1 (2019)

INTERAKSI SOSIAL ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH STUDY KASUS DI TK TUNAS HARAPANPARSEH SOCAH BANGKALAN

ishaq sayhid (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan interaksisocial anak tunarungu di sekolah study kasus di TK. Tunas Harapan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjekpenelitian meliputi dua anak tunarungu, satu guru kelas, satu guru pendamping,dan 3 anak normal di kelas TK-A Tunas Harapan.Teknik pengumpulan datayang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknikanalisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, sertapenarikan kesimpulan dan verifikasi.Untuk menguji keabsaan data digunakanuji kredibilitas dengan tringulasi teknik dan sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunarungu mampu menjalininteraksi social dengan sesama tunarungu, anak normal, guru, dan juga gurupendamping. Interaksi social ditunjukkan dengan menjalin percakapan, makanbersama, bermain bersama, belajar bersama, menjalin kerja sama dansebagainya. Adapun upaya yang telah dilakukan oleh guru kelas untukmeningkatkan kemampuan interaksi social anak tunarungu yaitu: menempatkananak tunarungu untuk duduk dengan anak normal, melibatkan anak tunarungudalam KBM, senantiasa memberikan pujian dan motivasi, serta memberikanarahan pada anak-anak lain untuk memahami kondisi anak tunarungu agardapat berteman dengan baik.

Copyrights © 2019