Media Mahardhika
Vol. 17 No. 3 (2019): May 2019

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI PT. KEMILAU BUMI SANTOSA GRESIK

Sabilar Rosyad (Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
30 May 2019

Abstract

Pada penelitian ini yang ingin penulis identifikasi berkaitan dengan masalah diatas adalah Variabel mana di antara kualitas produk dan harga produk yang lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Untuk mengetahui pengaruh kuaalitas produk dan harga produk terhadap kepuasan konsumen di PT. Kemilau Bumi Santosa Gresik. maka digunakan Uji Validitas, Uji reliabilitas, regresi linier berganda, Analisis Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, Uji t, dan Uji F. Dari hasil penelitian didapat Analisis Regresi Linier berganda mempunyai koefisien Y = 2,348 + 0,471 X1 + 0,356 X2. Nilai Koefisien Korelasi dihasilkan nilai r1 = 0,7 dan r2 = 0,544 yang berarti bahwa harga produk dan kualitas produk dengan keputusan pembelian mempunyai pengaruh yang positif karena koefisien korelasinya mendekati angka satu. Nilai Koefisien Determinasi dihasilkan nilai Kd = 60,84 % variabel pendapatan di pengaruhi oleh variabel harga produk dan kualitas produk. Sedang sisanya 39,16% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Hasil dari uji t diperoleh(X1) thitung = 8,37 dan ttabel =1,9935 (X2)thitung =5,54 dan ttabel =1,9935, hal ini mengakibatkan penolakan H0 dan penerimaan Ha karena nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (8,37 >1,9935) -- (5,54 >21,9935). Hasil uji F diperoleh Fhitung = 15,89728 dan ttabel = 3,354, hal ini mengakibatkan penolakan H0 dan penerimaan Ha karena nilai Fhitung lebih besar dari pada Ftabel ( > 3,97). Dari hasil penelitian ini didapat kualitas produk dan harga produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen di PT. Kemilau Bumi Santosa Gresik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mahardika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

MEDIA MAHARDHIKA is a peer-reviewed journal published by Department of Accounting, Faculty of Economics and Business, STIE MAHARDHIKA Surabaya Indonesia three times a year (Januari, May and September). MEDIA MAHARDHIKA aims to publish articles in the field of accounting and finance that provide ...