Kegiatan ini dilakukan adalah untuk mendapatkan informasi tentang visi misi,struktur kelembagaan,sistem pengelolahan,jabatan profesi keguruan yang ada di TK Dolupore. Pengumpuulan data yang digunakan yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi.Adapun hasil penelitian yang dapat yaitu profesionalisme guru di TK Dolupore yaitu tenaga kependidikan sudah sesuai di bidangnya masing-masing. Tujuan kegiatan pengembangan profesi guru adalah untuk meningkatkan mutu guru agar guru lebih profesional dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya. Pengembangan profesi guru yang ada di TK Dolupore pada dasarnya adalah peningkatan kualitas kompetensi guru.Beberapa dimensi utama dalam kompetensi guru di TK Dolupore adalah sebagai berikut: kompetensi pedagogic ,kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Akhir dari penelitian ini adalah guru paud yang profesional dan memiliki tanaga kepemimpinan dalam meningkatkan dan mengembangkan mutu dari generasi penerus bangsa.untuk itu pendidikan harus di lakukan sejak usia dini,yaitu pendidikan yang ditunjukan bagi anak sejak lahir hingga usia 6 tahun.Hal ini bertujuan menyiapkan anak-anak usia dini siap memasuki jalur pendidikan dasar selanjutnya dengan bekal kesiapan mental dan ajaran katolik yang diajarkan.Bagi seorang guru pengetahuan tentang profesi keguruan harus benar-benar dimiliki untuk dapat meningkatkan profesionalitas dalam melaksanakan tugas utama yaitu melayani anak dalam dunia pendidikan
Copyrights © 2023