Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bagaimana membangun disiplin peserta didik dengan guru PPKn dan membangun disiplin belajar peserta didik dalam pembelajaran PPKn kelas VIII SMP IT Gita Wira Bangsa Gintungkerta Klari Karawang. Metode dalam penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yakni guru PPKn dan siswa SMP IT Gita Wira Bangsa Karawang. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru PPKn telah membangun disiplin belajar peserta didik melalui pembelajaran PPKn, meskipun terdapat beberapa hambatan seperti salah satunya peserta didik kurang memahami dalam pembelajaran PPKn akan tetapi peserta didik dapat berinteraksi dalam pelaksanaan belajarnya dengan baik, sehingga suasana belajar dapat berjalan dengan lebih aktif dari biasanya. Sebelum belajar guru memberikan game agar peserta didik memiliki semangat dalam belajar dan pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik dapat beriskusi dengan teman-teman sekelasnya secara langsung. Adapun rekomendasi yang dapat penulis sampaikan untuk guru dan peneliti selanjutnya yaitu, agar dapat terciptanya pembelajaran yang efektif kiranya seorang guru menumbuhkan dulu kedisiplinan peserta didik dan untuk peneliti yang akan melakukan penelitian dengan judul yang sama kiranya harus lebih mendalami lagi masing-masing karakter peserta didik supaya tingkat kedisiplinan peserta didik dapat meningkat dengan pesat.
Copyrights © 2021