Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 1 No. 9 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM DAKAK-DAKAK DAPUR MAS DI PARIANGAN

Lucy Oktaviani (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Stevani (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Dina Amaluis (Universitas PGRI Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian, pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian dan pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, promosi dan lokasi secara simultan terhadap keputusan pembelian pada UMKM Dakak-Dakak Dapur Mas di Pariangan.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan pembelian di toko usaha Dakak-Dakak Dapur Mas dengan jumlah sampel sebanyak 120 orang yang melakukan pembelian di toko usaha Dakak-Dakak Dapur Mas di Pariangan, menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan menggunakan uji regresi linear berganda dan uji hipotesa dengan uji t dan uji F.Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa : Pertama, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan dengan nilai koefisiennya yakni sebesar 0,288 dan thitung sebesar 8,959 > ttabel sebesar 1,980. Kedua, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisiennya yakni sebesar 0,095 dan thitung sebesar 2,373 > ttabel sebsar 1,980. Ketiga, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisiennya yakni sebesar 0,106 dan thitung sebesar 3,359 > ttabel sebesar 1,980. Keempat, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisiennya yakni sebesar 0,172 dan thitung sebesar 4,356 > ttabel sebesar 1,980. Kelima, lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisiennya yakni sebesar 0,451 dan thitung sebesar 9,421 > ttabel sebesar 1,980. Keenam, secara simultan kualitas produk, kualitas pelayanan, harga, promosi dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai Fhitung 56,710 > Ftabel 2,29.Saran dari penulis agar Usaha Dakak-Dakak Dapur Mas dapat lebih baik lagi dalam memasarkan produk yang akan dipasarkan kepada konsumen dengan memberikan kualitas produk yang baik, kualitas pelayanan yang dapat di tingkatkan lagi, harga yang lebih terjangkau, promosi yang menarik dan lokasi yang strategis sehingga membuat konsumen melakukan keputusan pembelian pada UMKM Dakak-Dakak Dapur Mas di Pariangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...