Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Vol. 2 No. 5 (2023): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi

ANALISIS CRM TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME DI TANJUNGPINANG

Anjeli Oktina Amelia (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Sephia Anggraini (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Mario Radithya Tama (STIE Pembangunan Tanjungpinang)
Syafila Muharama Dini (STIE Pembangunan Tanjungpinang)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Customer Relationship Management (CRM) terhadap loyalitas pelanggan Indihome di Tanjungpinang, dengan fokus pada data pendapat pelanggan yang telah menjadi langganan selama 5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CRM memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Faktor-faktor seperti kepuasan pelanggan, kepercayaan, komunikasi, dan loyalitas pelanggan sebelumnya juga berkontribusi terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan wawasan yang mendalam mengenai pentingnya penerapan CRM dalam meningkatkan loyalitas pelanggan di industri telekomunikasi, khususnya layanan internet. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah melibatkan sampel yang lebih luas dan memperluas cakupan variabel yang diteliti untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif mengenai faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan di industri telekomunikasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

musytarineraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial ...