Puskesmas merupakan unit pelayanan kesehatan yang penting bagi masyarakat, karena puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan dasar. Pelayanan kesehatan merupakan subsistem pelayanan kesehatan yang memiliki tujuan utamanya untuk meningkatkan kesehatan pada individu, kelompok, keluarga ataupun masyarakat. Pelayanan ini merupakan bagian dari kegiatan administrasi yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui badan terkait seperti pukesmas. Penulisan jurnal ini menggunakan metode literature review, yang datanya diperoleh dari database Google scholar yang dimulai dari tahun 2018 sampai dengan 2022 dengan jumlah bacaan sebanyak 14 referensi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh sang peneliti, di dapatkan hasil bahwa permasalahan yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan administrasi yang ada di kota Medan diantaranya: 1. hubungan responsiveness dengan kepuasan pasien BPJS, 2. hubungan empathy dengan kepuasan pasien BPJS. 3. serta hubungan asurance dengan kepuasan pasien di puskesmas kota medan pada jurnal oni dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat berkaitan dengan kepuasan pasien di puskesmas. Petugas pelayanan Administarasi juga berperan penting dalam bersikap dan memberi informasi kepada pasien guna memenuhi kepuasan pasien. Responsive, Empathy, dan Ansurance merupakan kompnen yang dapat diperhatikan guna meningkatkan kepuasan pasien.
Copyrights © 2023