IJEB
Vol. 1 No. 1 (2023): JUNE- IJEB

Pengaruh Biaya Promosi Dan Margin Terhadap Jumlah Nasabah Bank Umum Syariah Periode 2015 - 2018

Hafifuddin Hafifuddin (STIE HIdayatullah)
Ratna Tri Hari S (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Perbankan berperan dalam proses distribusi dan peredaran uang di masyarakat khususnya bagi masyarakat penyimpan dana (penabung) dan masyarakat yang membutuhkan dana (peminjam). Di perbankan syariah dalam proses pemasaran produknya ada biaya promosi dan juga ada margin yang masuk ke dalam komponen harga jual beli dalam proses transaksi jual beli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh antara biaya promosi dan margin (pembiayaan) terhadap jumlah nasabah Bank Umum Syariah Periode tahun 2015 – 2018. Hasil penelitian menunjukkan variabel biaya promosi (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap jumlah nasabah (variabel Y) dengan nilai Sig sebesar 0,848 > 0,05, sedangkan variabel margin pembiayaan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah nasabah (variabel Y) dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05. Variabel biaya promosi dan margin pembiayaan secara simultan berpengaruh signifikan dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05. Kekuatan pengaruh variabel X1 dan X2 sebesar 55,4%

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijeb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Scope Indonesian Journal of Economic and Business: Business and Economics, Accounting, Entrepreneurship, Management, Management Organization, Marketing Strategy, Theory and Applications, Business Finance and Investment, Business Law, Capital Markets, Business Communication, Corporate Finance, ...