Perbankan berperan dalam proses distribusi dan peredaran uang di masyarakat khususnya bagi masyarakat penyimpan dana (penabung) dan masyarakat yang membutuhkan dana (peminjam). Di perbankan syariah dalam proses pemasaran produknya ada biaya promosi dan juga ada margin yang masuk ke dalam komponen harga jual beli dalam proses transaksi jual beli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh antara biaya promosi dan margin (pembiayaan) terhadap jumlah nasabah Bank Umum Syariah Periode tahun 2015 – 2018. Hasil penelitian menunjukkan variabel biaya promosi (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap jumlah nasabah (variabel Y) dengan nilai Sig sebesar 0,848 > 0,05, sedangkan variabel margin pembiayaan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah nasabah (variabel Y) dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05. Variabel biaya promosi dan margin pembiayaan secara simultan berpengaruh signifikan dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05. Kekuatan pengaruh variabel X1 dan X2 sebesar 55,4%
Copyrights © 2023