cover
Contact Name
Herlina
Contact Email
dpp.pdpi@gmail.com
Phone
+6281322206464
Journal Mail Official
dpp.pdpi@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.pdpi.or.id/index.php/ijeb/about/editorialTeam
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
IJEB
ISSN : 30249937     EISSN : 29882001     DOI : https://doi.org/10.58818/ijeb
Core Subject : Economy, Science,
Scope Indonesian Journal of Economic and Business: Business and Economics, Accounting, Entrepreneurship, Management, Management Organization, Marketing Strategy, Theory and Applications, Business Finance and Investment, Business Law, Capital Markets, Business Communication, Corporate Finance, General Business Research, Insurance, Investment, Monetary Banking, Organizational Behavior and Theory, Personnel and Industrial Relations, Production/Operations Management, Project Management and Strategy, and Public Policy, Statistics and Econometrics, Stock Exchange.
Articles 25 Documents
Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Sri Mulyeni; Herlina Herlina
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 1 No. 1 (2023): JUNE- IJEB
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan di Puncak Pass Resort. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 orang karyawan dengan instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Rumus pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sedangkan analisis data menggunakan analisis regeresi berganda dengan software SPSS 18. Hasil dari pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan memberikan pengaruh sebesar 92,4% dan signifikan. Untuk besaran pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai memperoleh nilai sebesar 19,8% dan tidak signifikan dikarenakan nilai signifikansi sebesar 0,012. Sedangkan pengaruh secara simultan dari kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan sebesar 72,8% sisanya 27,2% kinerja karyawan dipengaruh faktor lain yang tidak diteliti.
Pengaruh Biaya Promosi Dan Margin Terhadap Jumlah Nasabah Bank Umum Syariah Periode 2015 - 2018 Hafifuddin Hafifuddin; Ratna Tri Hari S
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 1 No. 1 (2023): JUNE- IJEB
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perbankan berperan dalam proses distribusi dan peredaran uang di masyarakat khususnya bagi masyarakat penyimpan dana (penabung) dan masyarakat yang membutuhkan dana (peminjam). Di perbankan syariah dalam proses pemasaran produknya ada biaya promosi dan juga ada margin yang masuk ke dalam komponen harga jual beli dalam proses transaksi jual beli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh antara biaya promosi dan margin (pembiayaan) terhadap jumlah nasabah Bank Umum Syariah Periode tahun 2015 – 2018. Hasil penelitian menunjukkan variabel biaya promosi (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap jumlah nasabah (variabel Y) dengan nilai Sig sebesar 0,848 > 0,05, sedangkan variabel margin pembiayaan (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah nasabah (variabel Y) dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05. Variabel biaya promosi dan margin pembiayaan secara simultan berpengaruh signifikan dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05. Kekuatan pengaruh variabel X1 dan X2 sebesar 55,4%
Kinerja Pegawai dipengaruhi Motivasi yang dimediasi Kepuasan Kerja Marwan Effendi
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 1 No. 1 (2023): JUNE- IJEB
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi pengaruh motivasi terhadap kinerja pegawai, baik secara langsung maupun dimediasi kepuasan kerja seberapa besar pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai. Sampel 142 pegawai RSU Aulia Jakarta Selatan, pengujian dan analisis data menggunakan analisis jalur pada aplikasi SPSS. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh signifikan motivasi terhadap kinerja pegawai, dan menolak pengaruh signifikan kinerja pegawai dipengaruhi motivasi yang dimediasi kepuasan kerja. Terdapat pengaruh signifikan motivasi terhadap kepuasan kerja, dengan kekuatan hubungan yang sedang.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Komunikasi Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Herlina Herlina; Sri Mulyeni
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 1 No. 1 (2023): JUNE- IJEB
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan konsumen menjadi prioritas bagi para pelaku bisnis untuk memenuhi kepuasan pelanggan dan tertantang untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan setiap harinya. Kualitas layanan dan komunikasi pemasaran adalah proses yang tidak dapat diabaikan. Dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan komunikasi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Amarta Sayap Merah Bandung Barat. Responden dalam penelitian berjumlah 67 orang dan kuesioner dibagikan sebagai instrument penelitian. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan komunikais pemasaran terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t variabel kualitas pelayanan (X1) terhadap kepuasan konsumen (Y) dan komunikasi pemasaran (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) memiliki nilai lebih dari t tabel. Melalui pengujian secara simultan, hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai F hitung lebih besar dari F table yaitu 62,066>3,25 sehingga dapat disimpulkan variabel bebas kualitas pelayanan (X1) dan komunikasi pemasaran (X2) merupakan predictor simultan atau signifikan secara Bersama-sama dengan variabel dependen kepuasan konsumen (Y). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan komunikasi pemasaran.
Pengaruh Persepsi Harga, Promosi Penjualan, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Studi Kasus Eiger Store di Kota Bogor Nanda Aldiansyah; M Noorman Mulyadi
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 1 No. 1 (2023): JUNE- IJEB
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, promosi penjualan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Eiger di kota Bogor, jumlah sampel 166 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Slovin. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis linier regresi berganda untuk mengetahui pengaruh persepsi harga, promosi penjualan, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian konsumen. Pengujian data dengan SPSS 25. Berdasarkan hasil penguian diperoleh hasil bahwa (1) persepsi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (2) promosi penjualan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (3) gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian dan secara bersama-sama persepsi harga, penjualan promosi dan gaya hidup memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh Promosi Online Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk K-Pop Nurjamad, Moh Aep; Nur Wahyuni, Nisa
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 1 No. 2 (2023): IJEB_November
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58818/ijeb.v1i2.28

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi online dan electronic word of mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian konsumen untuk produk K-Pop pada perusahaan SM Entertainment, baik parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi pada penelitian ini yaitu sebesar 317 dan sampel yang diambil untuk penelitian ini sebesar 176 responden. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu Teknik probability sampling, simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner yang disebarkan kepada responden. Hasil dilakukannya penelitan tersebut, terdapat pengaruh promosi online terhadap keputusan pembelian konsumen secara parsial sebesar 17,1% dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian produk K-Pop secara parsial sebesar 16,3%. Secara simultan, pengaruh promosi online dan electronic word of mouth mouth (e-WOM) terhadap keputusan pembelian produk K-Pop yaitu sebesar 33,4%.
Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. ASM Bandung Barat) Mulyeni, Sri; Siti Masitoh, Imas; Nurliah, Lien; Santi, Santi; Sikki, Nurhaeni
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 1 No. 2 (2023): IJEB_November
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58818/ijeb.v1i2.29

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan di PT. ASM Bandung Barat, yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah dengan karyawan PT. ASM Bandung Barat yang berjumlah 54 orang. Data yang digunakan merupakan data primer dengan cara membagikan kuesioner. Teknik pengolahan data melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas dan uji regresi berganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan. Sedangkan untuk motivasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Pengaruh secara simultan pun berpengaruh positif yaitu kompensasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan. Kontribusi penelitian ini terhadapa perusahaan tersebut dan untuk perusahaan lain pada umumnya adalah semestinya perusahaan dapat memelihara dengan baik keberadaan dari karyawan di perusahaan, bentuk pemeliharaan ini dapat berupa dengan pemberian kompensasi yang sesuai aturan, fasilitas kesehatan, liburan, pemberian bonus dan fasilitas lainnya. Sehingga karyawan akan merasa betah untuk bertahan diperusahaan dan dapat bekerja dengan penuh semangat agar target perusahaan dapat tercapai.
Pengaruh Beban Kerja dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Widianti, Puspa; Herlina, Herlina
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 1 No. 2 (2023): IJEB_November
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58818/ijeb.v1i2.30

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Beban Kerja Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. XYZ di Bandung Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Adapun populasi penelitian ini adalah karyawan tetap pada PT. XYZ. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang, dikarenakan jumlah populasi di bawah 100 maka semua populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Beban Kerja (X1) signifikan terhadap kinerja karyawan (Y), secara parsial Stres Kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, secara simultan Beban Kerja (X1) dan Stres Kerja (X2)) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) PT.XYZ. Hal ini menunjukkan bahwa beban kerja dan stress karyawan harus dipertimbangkan dan dikomunikasikan Kembali kepada mereka agar komunikasi dan lingkungan kerja tetap harmonis dan kondusif . Saran peneliti terhadap perusahaan adalah menciptakan kembali lingkungan kerja yang nyaman dengan diadakannya event-event kebersamaan dalam suasana relaksasi yang berbeda.
Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian: studi kasus pada Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Mande-Cianjur Junaedi, Dandi; Redjeki, Finny; Priadi, Muh. Dadi
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 1 No. 2 (2023): IJEB_November
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58818/ijeb.v1i2.31

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian di koperasi mitra dhuafa cabang mande cianjur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan asosiatif dengan menggunakan regresi berganda dengan metode pengumpulan data primer. Sample yang digunakan adalah sejumlah 61 responden yang merupakan pembeli dari jumlah populasi pembeli 159 ornag yang terdata mengunjungi koperasi tersbut mulai tahun 2020 sampai dengan tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan secara simultan yaitu variabel promosi dan kualitasi signifikan berpengaruh terhadap variabel Y yaitu keputusan pembelian. Hal ini menjukkan bahwa baik promosi dan kualitas layanan adalah dua hal yang secara bersama-sama sebaiknya dimaksimalkan dan ditingkatkan kualitas pelayanan guna meraih keputusan pembelian oleh konsumen. Kontribusi penelitian ini terhadap peningkatan pembelian baik di Koperasi Mitra Dhuafa Cabang Mande-Cianjur maupun di koperasi-koperasi di seluruh Indonesia adalah agar memulai lebih cepat untuk melakukan pemasaran secara digital dengan menggunakan media social yang telah berkembang di negara kita ini.
Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Gacoan Bandung Studi Kasus Konsumen Mie Gacoan Cabang Paskal Nurjamad, Moh Aep; Arumsari, Haneti
Indonesian Journal of Economic and Business Vol. 1 No. 2 (2023): IJEB_November
Publisher : PDPI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58818/ijeb.v1i2.32

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada konsumen Mie Gacoan Cabang Paskal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kontribusi pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan pada Mie Gacoan. Metode penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dan metode asosiatif. Pada penelitian ini yang menjadi unit analisisnya adalah konsumen Mie Gacoan Cabang Paskal. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel accidental adalah teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara parsial pada variabel kualiitas produk 36,4%. Secara simultan, pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sebesar 70%.

Page 1 of 3 | Total Record : 25