Mutu dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang memuaskan dan melampaui keinginan dan kebutuhanpelanggan. Definisi ini disebut juga dengan istilah, mutu sesuai persepsi (quality in perception). Mutu ini bisadisebut sebagai mutu yang hanya ada di mata orang yang melihatnya. Ini merupakan definisi yang sangatpenting. Sebab, ada satu resiko yang seringkali kita abaikan dari definisi ini, yaitu kenyataan bahwa parapelanggan adalah pihak yang membuat keputusan terhadap mutu. Dan mereka melakukan penilaian tersebutdengan merujuk pada produk terbaik yang bisa bertahan dalam persaingan.Penelitian ini menggunakan dua variable bebas (ekspektasi dan persepsi) dengan lima dimensi, yaitu :tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy sedangkan variabel tergantung yaitu tingkatkepuasan mahasiswa terhadap pelayanan penyelenggaraan pendidikan Prodi D III Farmasi PoliTeknik Tegal.Kualitas pelayanan pada Program studi D III Faramsi PoliTeknik Harapan Bersama Tegal rata-ratamemiliki kategori baik, di mana nilai rata-rata terendah berada pada angka 2,3167 dan angka tertinggi beradapada 3,3667. Dimensi kualitas pelayanan yang memiliki nilai terendah sebesar adalah dimensi daya tanggapdan dimensi empati dimana dimensi tersebut harus menjadi evaluasi utama untuk meningkatkan kualitaspelayan terhadap mahasiswa.Kata Kunci : reliability, responsiveness, assurance dan empathy
Copyrights © 2015