Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan sarana prasarana terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada pasien rawat jalan RSUD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pengaruh variabel kualitas pelayanan memberikan kontribusi sebesar 75,4% terhadap kepuasan pasien dan 24,6% dipengaruhi oleh indikator lain. Sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pengaruh variabel sarana prasarana memberikan kontribusi sebesar 73,7% terhadap kepuasan pasien dan 26,3% dipengaruhi oleh indikator lain. Kualitas pelayanan dan sarana prasarana berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Pengaruh variabel kualitas pelayanan dan sarana prasarana memberikan kontribusi sebesar 80% terhadap kepuasan pasien dan 20% dipengaruhi oleh indikator lain. RSUD Kabupaten Bolaang Mongondow Utara berdasarkan hasil penelitian pada variabel kepuasan pelayanan masih dinilai kurang baik, sehingga perlu dilakukan perbaikan atas pelayanan yang diberikan. Selain itu untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien rumah sakit harus membangun kepercayaan pasien dengan memberikan fasilitas yang memadai pada saat pasien di ruang tunggu, rumah sakit komitmen terhadap kedisiplinan waktu yang diberikan serta dokter atau perawat mampu membangun komunikasi yang baik dengan pasien.
Copyrights © 2023