Penelitian ini membahas implementasi tata kelola yang baik, khususnya dalam meningkatkan layanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Kabupaten Sumbawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan PTSP bergantung pada perencanaan responsif, penegakan SOP, dan pengawasan internal dan eksternal yang ketat. Prioritas diberikan pada persamaan hak, partisipasi, dan transparansi untuk membangun kepercayaan masyarakat. Strategi peningkatan kualitas layanan mencakup integrasi teknologi, pelatihan petugas, pembaruan infrastruktur fisik, kolaborasi dengan pemangku kepentingan lokal, transparansi, dan evaluasi berkala. Dengan komitmen jangka panjang, strategi ini diharapkan menciptakan lingkungan perizinan yang efisien, ramah, dan mendukung, mendukung pertumbuhan ekonomi lokal, dan membangun kepercayaan masyarakat pada pemerintah daerah. Kata Kunci: Peningkatan, Kualitas Pelayanan, Pelayanan publik.
Copyrights © 2023