Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) strategi sportainment; (2) strategi sport tourism dalam pengembangan pariwisata indonesia saat Event Piala Dunia U-17 2023; dan (3) potensi pengembangan pariwisata berkelanjutan di lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini antara lain menyajikan data, reduksi data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Media massa bersedia mempromosikan Piala Dunia U-17 tahun 2023 di Indonesia sebagai event olahraga yang berkualitas tinggi karena event tersebut mempunyai nilai jual yang tinggi pula; (2) konsep sport tourism dipakai sebagai penyegaran strategi promosi untuk menarik wisatawan agar tidak hanya berkunjung untuk menikmati event Piala Dunia U-17 tetapi juga menikmati berbagai destinasi wisata di sekitar stadion; (3) Kehadiran event bertaraf dunia di empat kota, yakni Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya, tentunya memberikan multiplier effect yang besar utamanya terhadap sector pariwisata dan ekonomi kreatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023