Penelitian ini mengetahui tentang pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar ips siswa kelas V UPTD SD negeri 124394 Pematang Siantar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif regresional. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif menganalisis data dengan menerapkan penggunaan dari metode statistik yang bersifat teratur dan matematis. Populasi penelitian merupakan jumlah total ataupun keseluruhan siswa pada kelas V UPTD SDN 124394 Pematang Siantar TA. 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini ialah segenap peserta didik pada tingkat kelas V UPTD SDN 124394 Pematang Siantar, dengan total 42 siswa. Teknik pengumpulan data merupakan suatu ragam sistem/aturan ataupun pendekatan yang dipergunakan dalam mengkoleksi data penelitian. Penelitian akan penulis lakukan menggunakan beberapa teknik mengumpulan data diantaranya koesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan lima kelas untuk mendeskripsikan nilai antara lain tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan rendah untuk kecerdasan interpersonal, dan empat kategori untuk menggambarkan nilai hasil belajar diantaranya sangat tinggi, tinggi, sedang, dan rendah (tidak lulus). Menurut hasil penelitian serta pembahasan di atas, dapat ditetapkan bahwasanya terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan interpersonal (X) terhadap hasil belajar IPS kelas V UPTD SD Negeri 124394 Pematang Siantar TA. 2023/2024.
Copyrights © 2023