Bimbingan serta pendampingan baca dan tulis bagi anak-anak dikelurahan pager merupakan program unggulan yang dilakukan pada saat melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Pager. Program ini dilakukan karena terdapat suatu permasalahan terkait pembelajaran baca dan tulis Al-Qur’an di kelurahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan prosedur pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati dan menganalisis pelaksanaan bimbingan dan pendampingan baca dan tulis Al-qur’an bagi anak-anak dikelurahan pager. Penelitian ini penting mengingat kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan baca dan tulis Al-qur’an anak-anak dikelurahan pager dapat ditingkatkan dengan bimbingan secara konsisten. Hal ini dapat dilihat dari kemajuan pemahaman dan kemampuan anak-anak dikelurahan pager setelah diberikan bimbingan secara konsisten, mereka sudah mampu membaca iqro dan Al-qur’an maupun menulis huruf hijaiyah dengan baik.
Copyrights © 2023