Proses pembelajaran di SDN Girirejo yang awalnya dilakukan secara daring selama lebih dari satu tahun dan berubah menjadi pembelajaran tatap muka, sangat mempengaruhi kedisiplinan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter kedisiplinan siswa dalam pembelajaran tatap muka pasca pandemi di SDN Girirejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, menyajikan data sebagai gambaran umum hasil penelitian. Responden dari penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas kelas III dan V, orang tua siswa, serta perwakilan kelas III SD Girirejo. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter kedisiplinan siswa dalam pembelajaran tatap muka pasca pandemi di SDN Girirejo cukup baik. Namun, beberapa indikator belum menunjukkan hasil yang maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak datang ke sekolah tepat waktu, dan tidak sedikit yang terlambat naik kelas. Siswa dapat mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah. Siswa menyerahkan tugas dengan cepat, dan hanya sedikit yang belum menyerahkan tugas tepat waktu karena kesulitan membaca dan menulis setelah pandemi. Siswa memakai seragam sesuai aturan yang berlaku di sekolah, mengalami kendala dalam proses diskusi dengan teman di sekolah dan di rumah, serta belum melaksanakan piket sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Copyrights © 2022