Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di SDN 1 Hegarmanah

Cunayah, Hana (Unknown)
Rahmiati, Devi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model PBL untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan satu kali pertemuan pembelajaran di setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Perencanaan pembelajaran terdiri dari RPP penerapan model PBL, media pembelajaran, bahan ajar/modul pembelajaran, LKPD, dan instrumen penilaian. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Hegarmanah yang berjumlah 38 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (tes formatif) dan non tes (observasi dan dokumentasi). Hasil penelitian berupa peningkatan hasil belajar peserta didik. Yakni pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar peserta didik mencapai 63,68%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar peserta didik mencapai 84,30. Keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran siklus I mencapai 66,25% (rendah) dan meningkat pada siklus II menjadi 96,25% (sangat tinggi). Nilai kinerja guru pada siklus I mencapai 97,30 (Sangat Baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 97,93 (Sangat Baik).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...