Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas V Sekolah Dasar

Aini Ekawati, Dhiya (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS. Penelitian dilakukan di SDN Pondokcina 3 kelas V dengan jumlah peserta sebanyak 36 orang. Artikel ini memaparkan hasil penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik langsung dengan menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan lembar soal. Pada pra siklus rata-rata nilai siswa adalah 59, sedangkan pada siklus I rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 74, dan pada siklus II rata-rata nilai siswa menjadi 86. Berdasarkan hal tersebut, penggunaan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pondokcina 3 Kecamatan Beji Kota Depok.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...