Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 Melalui Pembelajaran Daring Dengan Media Audio Visual

Heronika (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada persamaan nilai uang dan pemilahan harga barang melalui pembelajaran online menggunakan media audio visual pada siswa kelas 2 di UPTD SD Negeri 2 Wirapanjunan Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model spiral Kemmis & Mc. Taggart. Data penelitian ini dikumpulkan melalui hasil tes, lembar observasi checklist, dan dokumentasi. Subjek Penelitian Tindakan Kelas ini adalah 24 siswa kelas 2 UPTD SD Negeri 2 Wirapanjunan tahun pelajaran 2022/2023, yaitu 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran online dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada mata pelajaran persamaan mata uang dan mengurutkan harga barang bagi siswa kelas 2 UPTD SD Negeri 2 Wirapanjunan tahun ajaran 2022/2023. tahun. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar matematika yang mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan 51,6 pada siklus I 74,2 dan pada siklus II 86,7. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan sebesar 37,5%, dan pada siklus II sebesar 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada mata pelajaran kesepadanan nilai mata uang dan pemilahan harga barang pada siswa kelas 2 UPTD SD Negeri 2 Wirapanjunan tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...