Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru di SD Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan. Metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara kepada guru dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menampilkan data, dan menarik kesimpulan berdasarkan sumber-sumber yang relevan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di SD Cisarua memiliki kompetensi pedagogik yang baik dalam merencanakan pembelajaran, mengelola kelas, mengidentifikasi potensi siswa, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Profesionalisme guru juga terbukti berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Implikasi temuan ini adalah pentingnya pengembangan profesionalisme guru dan perhatian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan di SD Cisarua.
Copyrights © 2023