Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar

Menilai Kompetensi Pedagogik dan Profesionalisme Guru: Studi Kasus di SD Cisarua

Gunadi, Gugun (Unknown)
Sumarni, Dedeh (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kompetensi pedagogik dan profesionalisme guru di SD Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan. Metode studi kasus digunakan dalam penelitian ini dengan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara kepada guru dan kepala sekolah. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menampilkan data, dan menarik kesimpulan berdasarkan sumber-sumber yang relevan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di SD Cisarua memiliki kompetensi pedagogik yang baik dalam merencanakan pembelajaran, mengelola kelas, mengidentifikasi potensi siswa, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Profesionalisme guru juga terbukti berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Implikasi temuan ini adalah pentingnya pengembangan profesionalisme guru dan perhatian terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan di SD Cisarua.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpsd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar adalah jurnal nasional yang memuat hasil kajian atau penelitian bidang pendidikan dan pengajaran yang difokuskan pada jenjang Sekolah Dasar atau yang setara. Jurnal ini diterbitkan oleh Edupedia Publisher dan pertama kali terbit bulan Desember tahun 2022. Jurnal ...