ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Vol 1 No 2 (2021): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)

PERAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAN ISLAM

Rindi Antika (Universitas Sains Al-Qur'an)
iskandar Husen (Unknown)
Salis Irvan Fuadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Peranan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Kelas X Di Man 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021”.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran SKI kelas X di MAN 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021, 2) mengetahui peningkatan prestasi belajar dengan penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran SKI kelas X di MAN 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021, 3) mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menerapkan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan yang tidak menerapkan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada pembelajaran SKI kelas X di MAN 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan model metode Nounquivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Wonosobo, sehingga sample penelitiannya yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa. Sampel dipilih dengan teknik random sampling yaitu Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajran interaktif meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran SKI kelas X. Hal ini diketahui dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada variabel prestasi belajar diperoleh t hitung sebesar 5,64. Hasil tersebut dibandingkan dengan t tabel dengan dk 44 pada taraf signifikansi 5 % (2,015) dan 1% (2,692) sehingga diketahui baik pada variabel prestasi belajar sehingga hipotesis yang diajukan yaitu “Ada peningkatan multimedia pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar siswa” dapat diterima.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

alphateach

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Jurnal ALPHATEACH menerbitkan artikel atau karya ilmiah hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang Pendidikan ...