DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 3 (2023): December 2023

Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 di Sekolah Dasar

Astri Sutisnawati (Universitas Negeri Jakarta Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Arifin Maksum (Universitas Negeri Jakarta)
Arita Marini (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan Pendidikan multikultural melalui kegiatan intrakurikuler di program sekolah penggerak yaitu projek penguatan profil pelajar Pancasila. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang Peran kepala sekolah dan guru dalam implementasi pendidikan multikultural berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar, serta entingnya pendidikan multikultural P5 di SDN Cipanas Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data dari satu kepala sekolah, enam guru dari kelas 1 hingga 6, dan enam siswa dari kelas 4,5 dan 6. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi  data, menyajikan data, dan verifikasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa di Kepala Sekolah dan Guru SDN Cipanas Kota Sukabumi telah melaksanakan Pendidikan multikultural melalui P5 dengan Tema “Bhinneka Tunggal Ika” dan topik Aku Cinta Indonesia. Melalui kegiatan P5, Siswa dapat belajar lebih konstektual tentang budaya dan identitas budaya, munculnya sikap menghargai dan menghormati keanekaragaman budaya, berusaha mengenali diri sendiri dengan segala potensi serta mempertahankan jati diri Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan, pelaksanaan Pendidikan Multikultural dapat dilakukan melalui kegiatan P5 di sekolah, terutama di sekolah yang telah Implementasi Kurikulum Merdeka.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...