Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 5 No. 1 (2024): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pegaruh Persepsi Konsumen, Inovasi, Promosi, Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Café Kendik Rantauprapat

Ayunda, Dea Gesti (Unknown)
Pitriyani, Pitriyani (Unknown)
Harahap, Nova Jayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pegaruh persepsi konsumen, inovasi, promosi, dan word of mouth terhadap keputusanpembelian pada café kendik di rantauprapat. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen café kendik rantauprapat sebanyak tidak diketahui. sampel penelitian menggunakan teknik sampling insitendal adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data.  penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling karena populasi tidak diketahui jumlah anggotanya, dan dengan purposive sampling sebagai teknik penentuan sampelnya. karena populasi anggota tidak diketahui secara pasti jumlahnya, ukuran sampel diperhitungkan dengan rumus cochran dengan sampel penelitian dengan jumlah sebanyak 96 orang. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, studi dokumentasi dan kuesioner. metode analisis penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan program spss. hasil penelitian membuktikan bahwa persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada café kendik di rantauprapat. inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada café kendik di rantauprapat. promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada café kendik di rantauprapat. word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada café kendik di rantauprapat. persepsi konsumen, inovasi, promosi dan word of mouth secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada café kendik di rantauprapat. koefisien determinasi sebesar 0,512 artinya keputusan pembelian konsumen mampu dijelaskan oleh variabel persepsi konsumen (x1), inovasi (x2), promosi (x3) dan word of mouth (x4) sebesar 51.2%, sedangkan sisanya sebesar 49.8% dapat dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...