Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Dhabit : Jurnal Pendidikan Islam

MODERASI BERAGAMA MELALUI BUDAYA SEKOLAH

Nanang Qosim (Dosen Agama Islam Poltekkes Kemenkes Semarang)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Moderasi beragama adalah proses memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, agar terhindar dari pelaku ekstrem atau berlebih-lebihan saat mengimplementasikannya. Cara pandang dan sikap moderat dalam beragama sangat penting bagi masyarakat seperti di indonesia, karena dengan hal itu keragaman dapat mewujudkan sikap dengan bijak, toleransi, dan keadilan. Sekolah menjadi tempat yang tepat untuk menanamkan nilai dari moderasi beragama, karena sekolah merupakan miniatur kehidupan bermasyarakat. Diperlukan suatu budaya sekolah yang terstruktur sehingga nilai-nilai moderasi beragama dapat diterima dan ditangkap oleh peserta didik. Dalam penerapan budaya sekolah, diperlukan andil dari setiap masyarakat di sekolah, mulai dari kepala sekolah, tenga pendidik, sampai tenaga kependidikan. Penanaman nilai moderasi beragama dapat dimulai dari kurikulum dan pembelajaran di dalam kelas serta melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kebiasaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dhabit

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Artikel yang dimuat disini merupakan hasil penelitian, kajian dan gagasan di bidang pendidikan Islam dari para guru Pendidikan Agama Islam, pengawas PAI, dosen, pejabat dan pemerhati pendidikan Islam terutama Pendidikan Agama Islam di ...