SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2023): Sibernetik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Pengembangan Media Pembelajaran Koper Perkalian Instrumen Musik untuk Menghafal Perkalian pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Hardiyanti, Hani (Unknown)
Hendrawan, Budi (Unknown)
Nugraha, Mohammad Fahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran koper perkalian instrumen musik serta menilai tingkat kualitas produk tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pengembangan Research and Development dengan desain model pengembangan Borg and Gall yang peneliti sederhanakan menjadi 7 tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan melibatkan observasi, wawancara, angket, dan tes. Sementara itu, teknik analisis data melibatkan analisis kualitatif dan kuantitatif, termasuk analisis hasil tes siswa yang mencakup pretest dan posttest. Hasil validasi ahli media menunjukkan skor akhir sebesar 27 dari jumlah skor maksimal 32, dengan persentase 84% dan klasifikasi kategori 'Sangat Layak'. Ahli materi memberikan skor akhir sebesar 25 dari jumlah skor maksimal 28, dengan persentase 89% dan klasifikasi kategori 'Sangat Layak'. Ahli bahasa memberikan skor akhir sebesar 22 dari jumlah skor maksimal 24, dengan persentase 91% dan klasifikasi kategori 'Sangat Layak'. Hasil uji kelompok kecil menunjukkan skor rata-rata sebesar 18,4, dengan tingkat kelayakan 96,8% dan kategori 'Sangat Layak'. Sementara hasil uji kelompok besar menunjukkan skor rata-rata 19,6, dengan tingkat kelayakan 98,0% dan kategori 'Sangat Layak'. Hal ini mengindikasikan bahwa media pembelajaran koper perkalian instrumen musik sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil pretest dan posttest, terdapat perubahan yang signifikan, dengan rata-rata hasil pretest sebesar 60, sementara rata-rata hasil posttest mencapai 92. Hasil ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest lebih tinggi daripada rata-rata hasil pretest. Dengan menggunakan pengukuran keefektifan media menggunakan N-Gain, skor hasil 0,80 atau 80% termasuk dalam kategori 'Efektif' sebagai media pembelajaran koper perkalian instrumen musik untuk menghafal perkalian di kelas 2 SDN Gunung Koneng.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sibernetik

Publisher

Subject

Education Other

Description

Fokus dan ruang lingkup SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran terkait dengan isu-isu yang relevan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran untuk semua jenjang pendidikan yang meliputi: Teori pendidikan dan pembelajaran, Filosofi pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan ...