Kekuatan struktur suatu jembatan menjadi faktor yang sangat penting untuk keamanan dan keselamatan pengendara terutama di ruas jalan tol. Pemeriksaan secara berkala terhadap kesehatan bangunan jembatan perlu dilakukan, salah satunya evaluasi terhadap struktur beton eksisting. Penelitian ini mengevaluasi dan menganalisis struktur beton pada Jembatan Kalikuto yang merupakan bagian dari Jalan Tol Batang Semarang. Kombinasi dari destructive dan non-destructive test (DT dan NDT) seperti pemetaan kekuatan beton menggunakan core drill dan hammer test, kualitas kepadatan beton menggunakan Ultrasonic Pulse Velocity (UPV), serta konfigurasi tulangan di dalam beton menggunakan rebar scanner. Sementara itu, karbonasi dan korosi terhadap material beton juga dilakukan evaluasi. Kekuatan tarik beton terhadap cabut angkur juga dianalisis menggunakan software metode elemen hingga. Secara keseluruhan, kondisi struktur Jembatan Kalikuto masih sangat baik dioperasikan untuk jalur transportasi darat hingga masa layan bangunan rencana, yaitu kuat tekan sesuai dengan spesifikasi, kepadatan beton berkisar antara 4356,67 – 5275,33 m/s, konfigurasi tulangan sesuai dengan as built drawing, tidak terjadi karbonasi dan lebih 90% struktur tidak menunjukkan indikasi korosi. Cabut angkur diprediksi tidak akan terjadi karena gaya tarik tidak melampaui hasil simulasi. Perawatan secara berkala diperlukan untuk menghindari struktur jembatan dari hal-hal yang dapat menurunkan kekuatan betonnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023