Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam
Vol 3 No 1 (2022): Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam

Analisis Alih Kode Dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sma It Nurul Ilmi Kelas Xa

Wiranto, Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) untuk menyajikan wujud alih kode dan campur kode pada pembelajaran bahasa Arab di kelas X Nurul Ilmi; (2) mendeskripsikan penyebab penggunaan alih kode dan campur kode dalam kelas pembelajaran bahasa Arab di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Objek penelitian yaitu guru atau tenaga pengajar bahasa Arab di kelas X Nurul Ilmi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Alih kode berdasarkan bentuk bahasanya yaitu bentuk formal dan informal; (2) Alih kode berdasarkan hubungan antar bahasa yaitu alih kode dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab. Sedangkan beberapa bentuk/wujud dari campur kode adalah : (1) Berdasarkan unsur-unsur pembentuk kalimat yaitu unsur kata dan unsur frasa; (2) Berdasarkan kategorisasi kata atau bentuk leksikal diantaranya nomina, verba, adjektiva, adverbia, dan numeralia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Ad-Dhuha

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The aim and scope of Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam addresses Arabic Language Teaching areas, such as: 1) Arabic for Specific Purposes (ASP) 2) Arabic Second Language Acquisition 3) Curriculum and Instructional Design in Arabic Language Education Institutions of Arabic ...