Tujuan penelitian ini, adalah mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi, mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi, mendeskripsikan perubahan sikap siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menulis puisi melalui model quantum teaching tipe TANDUR. Proses tindakan pada siklus I dan Siklus II meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model quantum teaching tipe TANDUR pada siswa kelas VIII D MTs Negeri Lebaksiu. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 66,85 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 79,41 atau dalam kategori baik. Pada siklus I ke siklus II meningkat 12,56 atau sebesar 18,79%. Peningkatan keterampilan menulis puisi juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa menjadi lebih berani mendemonstrasikan puisi didepan kelas dengan bukti peningkatan 21,62 atau 40%.The purpose of the research are to describe the learning process of writing poetry, to describe the improvement of students’ skill in writing poetry, to describe the changes of students’ behavior, and to describe the students ’ response to the learning activity in writing poetry by using models quantum teaching type TANDUR. The action procces of cycle I and II include planning, action, observation, and reflection. The Instruments used in the research are test and non-test. Data analysis technique used in the research are quantitative and qualitative. The result of this study showed that there were some improvements in writing poetry using models quantum teaching type TANDUR technique of the students in class VIII D MTs Negeri Lebaksiu. The average of the students’ score in cycle 1 was 66.85 or in the enough category and increased in cyle 2 became 79,41 or in the good category. Cycle 1 increased 12,56 to cycle 2 or as big as 18,79%. Uplifting of skill write the poem is also followed with the behavioral change of student become braver demonstrate the poem of in front of class with the improvement evidence 21,62 or 40%.
Copyrights © 2013