cover
Contact Name
Muhammad Fuad Rasyid
Contact Email
m.fuadrasyid12@gmail.com
Phone
+6289538973171
Journal Mail Official
m.fuadrasyid12@gmail.com
Editorial Address
jl.raya inspeksi kalimalang, cikarang selatan, kab.bekasi Jawa barat
Location
Kab. bekasi,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and learning. The scopes of the topics include: 1) Indonesian language for foreigners, Indonesian language, Indonesian language teaching; (2) Linguistics; (3) Applied Linguistics, and; (4) Literature Teaching. Articles can be written in English, Indonesian or Malay. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia has been indexed in DOAJ, Google Scholar, BASE (Bielefeld Academic Search Engine), and Sinta (Science and Technology Index).
Articles 149 Documents
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI DONGENG BANYUMAS BAGI SISWA SD KELAS RENDAH Meina Febriani
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 1 No 1: April 2012
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v1i1.319

Abstract

Pendidikan berkarakter budaya Banyumas bertujuan untuk mengenalkan kearifan lokal seperti cerita rakyat setempat, kisah lahirnya nama-nama tempat, kesenian daerah dan sebagainya. Kegiatan membaca dan mengapresiasi dongeng  merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menjalin komunikasi. Pembentukan nilai moral akan sangat efektif jika ditanamkan pada anak-anak semenjak usia dini yakni jenjang Sekolah Dasar kelas rendah. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar apresiasi dongeng Banyumas bagi siswa SD kelas rendah yakni kelas III. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang dilakukan dengan enam tahap, yaitu (1) survei pendahuluan, (2) awal pengembangan prototipe bahan ajar “Dongeng Banyumas”, (3) pengembangan prototipe bahan ajar “Dongeng Banyumas”, (4) pengujian terbatas prototipe bahan ajar “Dongeng Banyumas”, (5) revisi dan perbaikan prototipe bahan ajar “Dongeng Banyumas”, dan (6) deskripsi hasil penelitian. Setelah penelitian dilaksanakan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) bahan ajar “Dongeng Banyumas” yang dinginkan oleh guru dan siswa adalah bahan ajar dongeng Banyumasan yang didesain dengan tampilan yang menarik, sesuai dengan pemahaman siswa, mengajarkan nilai-nilai positif, dan memberikan pengetahuan budaya Banyumas, (2) penilaian yang diberikan oleh guru dan ahli pada dimensi sampul buku diperoleh nilai rata-rata 83,33 dengan ketegori baik, pada dimensi anatomi buku diperoleh nilai rata-rata 82,5 dengan kategori baik, dan pada dimensi isi buku, diperoleh nilai rata-rata 81,25 dengan kategori baik, dan (3) perbaikan yang dilakukan terhadap bahan ajar apresiasi dongeng Banyumas meliputi perbaikan desain sampul, peniadaan materi mengapresiasi dongeng, pembatasan cakupan dongeng, perbaikan gaya bahasa, dan penyesuasian pertanyaan tentang apresiasi dan muatan budaya Banyumas yang dihubungkan dengan nilai yang terkandung dalam dongeng. Banyumas cultural character education aims to introduce local knowledge as local folklore, the story of the birth of place names, local arts and so on. Reading and appreciating the tale is one effort that can be done to establish communication. Formation of moral values ​​is most effective when implanted in children since early life, low-grade elementary school level. This study produces an appreciation of teaching materials for elementary students Banyumas tales of low grade ie class III. This study uses the approach of research and development (R & D) performed with six stages, namely (1) preliminary survey, (2) initial prototype development of teaching materials ”Tales Banyumas”, (3) prototype development of teaching materials ”Tales Banyumas”, (4 ) limited testing prototype instructional materials ”Banyumas Tale”, (5) revision and improvement of prototypes of teaching materials ”Banyumas Tale”, and (6) a description of the research results. After research carried out, results obtained are as follows: (1) teaching materials ”Tales Banyumas” the chill by teachers and students are teaching materials designed Banyumasan tale with an attractive appearance, according to the understanding of students, teach positive values​​, and provide Banyumas cultural knowledge, (2) assessments given by teachers and experts on the dimensions of the cover obtained by the average value of 83.33 with both categories, the anatomical dimensions of the book obtained an average value of 82.5 in both categories, and the dimensions of the content book, the average values ​​obtained 81.25 with both categories, and (3) improvements made to the appreciation of the teaching materials include design improvements stories Banyumas cover, removal of material to appreciate fairy tales, fairy tales coverage restrictions, improved style, and the question of appreciation penyesuasian and charges associated with the Banyumas cultural values ​​embodied in the tale.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI KEINDAHAN ALAM MENGGUNAKAN METODE PARTISIPATORI DENGAN MEDIA GAMBAR Anisa Nur Laeli
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2: November 2013
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v2i2.2357

Abstract

Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas pembelajaran menulis puisi keindahan alamsiswa kelas VIIB SMP Nurul Salam Bantarbolang  menggunakan metode partisipatori dengan media gambar, mendeskripsikan  peningkatan kemampuan menulis puisi keindahan alam  siswa kelas VIIB SMP Nurul Salam Bantarbolang  menggunakan metode partisipatori dengan media gambar, dan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa.  Metode partisipatori. Hasil penelitian  menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi keindahan alam. Siklus I nilai rata-rata kelas 64,83 dan siklus II 78.The purpose of this research is to describe learning quality in writing poet of nature beauty for 7thB grade of SMP Nurul Salam Bantarbolang students using  participatory  with pictures media method, describing the development of writing nature beauty poet’s ability for 7thB grade of SMP Nurul Salam Bantarbolang students using participatori with pictures media method, and describing students’  behavior change. Participatory  method. The result shows that there is development of writing nature beauty poet’s skill. The average of cycle I is 64,83 and cycle II is 78.
MEREFLEKSI ISI PUISI DENGAN METODE STUDI KASUS KREASI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL Aprisia Khairunisa
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2: November 2013
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v2i2.2359

Abstract

Dalam observasi yang dilakukan, nilai keterampilan merefleksi isi puisi siswa kelas VII Imersi SMP Negeri 1 Parakan Kabupaten Temanggung belum memenuhi nilai ketuntasan minimal. Siswa masih kesulitan  dalam mengartikan  isi puisi yang menggunakan bahasa yang artistik, kata-kata konotatif, dan komposisi yang padat.Selain itu guru masih menggunakan cara konvensional dalam mengajarkan sastra  dan belum menuju kepada arah menjadikan siswa memahami secara emosional, imajinatif, dan estetis suatu karya sastra. Permasalahan tersebut diselesaikan dengan metode studi kasus kreasi siswa dengan menggunakan media audiovisual. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan. Pada siklus I diperoleh hasil rata-rata kelas 67,28 (kategori cukup). Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas 85,03 ( kategori sangat baik) atau mengalami peningkatan sebesar 17,75 atau sekitar 20,88%, peningkatan proses pembelajaran, dan perilaku siswa mengalami perubahan kearah positifIn this research, the skill mark to reflect the contains of the poem in 7thgrade imersi class SMP N 1 Parakan, Temanggung regency not meet a demand of minimum mark yet. The students have difficulties in interpreting the contents of the poem that used artistic language, connotative meaning, and complex composition. In addition, the teachers still apply the conventional way to teach literature. The aim to make students understand belles letters particularly in emotional, imaginative, and aesthetic does not applied by the teacher yet. Those problems are done by the student-create case tudies method by means of audiovisual media. The results of the research show the increasing. In the cycle I, the average class show 67,28 (enough category). After the action in cycle II, the average class show 85,03 (very good category) or it shows the   increasing of 17,75 or about 20,88%. The result shows that there is learning process increasing and the students behavior change in to positive.
PENINGKATAN MEMBACA PEMAHAMAN CERPEN MENGGUNAKAN STRATEGI METAKOGNITIF DAN TEKNIK MEMBACA RETENSI Arini Mega Silviana
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2: November 2013
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v2i2.2365

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu  mendeskripsikan  proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman cerpen, mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman cerpen,  mendeskripsikan  perubahan perilakusiswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran  membaca pemahaman cerpen menggunakan strategi metakognitif dan teknik membaca retensi.  Proses tindakan pada siklus I dan Siklus II meliputi perencanaan,  tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif.  Hasil penelitianketerampilan membaca pemahaman cerpen siswa kelas IX B SMP  Negeri 1 Banjarmangu mengalami peningkatan.  Siklus I mencapai  66,8  dan siklus II menjadi  77meningkat 10,2  atau sebesar  13,24%. Peningkatanini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif  ke perilaku positifThe purpose of the research are to describe the learning process of writing poetry, to describe the improvement of students’ skill in reading comprehension short story, to describe the changes of students’ behavior, and to describe the students’ response to the learning activity in reading comprehension short story by using metakognitive strategy and retention technique. The action procces of cycle I and II include planning, action, observation, and reflection. The Instruments used in the research are test and non-test. Data analysis technique used in the research are quantitative and qualitative. The result of this study showed that there were some improvements in reading comprehension short story by using strategy metakognitive and retention technique of the students in class IX B SMP Negeri 1 Banjarmangu. First cycle is about 66,8%, and become to 77% or increase about 10,2 or about 13,24%.This raising level also followed by student’s behavior from negative to positive
PENGARUH KEBIASAAN MENONTON TELEVISI ACARA INFORMASI DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIII MTs NU UNGARAN Aveny Septi Astriani
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2: November 2013
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v2i2.2368

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa  semua orang bisa  berbicara, tetapi tidak semua orang bisaberbicara dengan memukau  di depan audien.  Tujuan  penelitian ini untuk  membuktikan  pengaruh menonton televisi acara informasi dan pergaulan  teman sebaya terhadap keterampilan berbicara menggunakan  ex post  facto, dengan wawancara kepada tigapuluh  responden.  Hasilnya menonton  televisi acara informasi  berpengaruh terhadap keterampilan berbicara siswa  secara parsial 10,7%.  Pergaulan teman sebaya berpengaruh secara parsial 41,4%.  Kebiasaan menonton televisi acara informasi dan pergaulan teman sebaya secara bersama-sama sebesar 20,6%The study is based on the fact that all people can talk, but some people can’t talk in impressively. The purpose of the study was to determine the influence of watching information show at television and peer social interaction towards student’s speaking skill using  ex post facto method. The result is that the habits of watching information show at television influence at student’s speaking skill partially 10,7%. The peer social interaction, partially, it is 41.4%. Together, 20.6% influence
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KEMBALI DENGAN BAHASA SENDIRI MELALUI MEDIA FILM DONGENG PADA PESERTA DIDIK KELAS VII B MTS MU’ALLIMIN MALEBO TEMANGGUNG Eka Harum Puspitasari
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2: November 2013
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v2i2.2370

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menentukan besaran peningkatan keterampilan menulis kembali dongeng dengan bahasa sendiri, dan memaparkan perubahan perilaku siswa kelas VII B MTs Mu’allimin Malebo setelah mengikuti pembelajaran keterampilan menulis dongeng dengan media film dongeng cerita rakyat.  Proses tindakan pada siklus I dan siklus II meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes.Teknik analisis menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  nilai pra siklus sebesar  46,00 kategori kurang,  siklus I sebesar 53,33 kategori cukup  dan  siklus II 71,50 kategori baik.  Dengan demikian terdapat perubahan positif perilaku siswa terhadap pembelajaran keterampilan menulis kembali dengan bahasa sendiri melalui media film dongeng cerita rakyatThe purpose of this study was to determine the amount of increase in the skill of writing back tale with its own language, anddescribe changes in behavior class VII B MTs Mu'allimin Malebo after participating in learning writing skills with themedium of film fairy tale folklore. Action process in the first cycle and second cycle including planning, action, observation, and reflection. The instrument is used, the test instrument and nontes.Teknik analysis using quantitative and qualitative techniques. The results showed that pre-cycle value of 46.00 is less category, the first cycle of 53.33 category and 71.50 second cycle both categories. Thus there is a positive change in the behavior of students towards learning the skills to write back withtheir own language through the medium of film folklore tales
PENINGKATAN MENYIMAK DONGENG MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO DENGAN STRATEGI MEMBANGKITKAN RASA INGIN TAHU PADA SISWA KELAS VIIA Eka Retnaningsih
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2: November 2013
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v2i2.2379

Abstract

Tujuan penelitaian ini, yaitu untuk mendeskpripsikan peningkatan keterampilan menyimak dongeng dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Winong dalam pembelajaran menyimak dongeng menggunakan media audio dengan strategi membangkitkan rasa ingin tahu.  Desain penelitian  menggunakan  penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan  keterampilan menyimak dongeng.  Siklus I nilai rata-rata kelas  72,8 dan siklus II 80. Perilaku siswa dalam mengikuti pembelajaran mengalami perubahan kearah yang lebih positifThe purpose of the research,  are to describe the improvement of students’ skill  listen fairy and  to describe changes of students’ behavior  in class VIIA SMP Negeri 1 Winong in the  teaching listen  fairy use audio media  and curiosity arousing strategy. Design  research  use action class research   which is done in two step, that is cycle I and II. Data collection is done by test and non-test technique. The result of the research shows an improvement skill of listening fairy. The average class mark in cycle I is 72,8 and in cycle II is 80. The students’ behavior in this learning changes into positive.
MEMBACA CEPAT UNTUK MENYIMPULKAN ISI BACAAN MENGGUNAKAN TEKNIK TAYANG KILAS DENGAN MEDIA FILM TERJEMAHAN Emy Purwanitaningrum
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2: November 2013
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v2i2.2392

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah  mengidentifikasi  proses pembelajaran,  mendiskripsikan  perubahan perilaku, dan peningkatan hasil keterampilan membaca cepat menggunakan teknik tayang kilas dengan media film terjemahanpada siswa kelas VII C SMP N 2 Jepon.  Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas  yang dilaksanakan dalam dua siklus.  Hasil penelitian  menunjukkan  adanya peningkatan  pada proses pembelajaran menjadi lebih kondusif   dan hasil tes sebesar 19% dari  nilai rata-rata pada siklus I  66 menjadi 85  pada siklus II. Peningkatan ini  diikuti perubahan perilaku siswa  ke arah yang lebih positif, mencangkup lima karakter yaitu perhatian siswa, respon, tanggung jawab, cara siswa menanggapi, dan aktivitas membuat catatan.Formulation of the problem in this research is how to increase learning, behavior change, and the results of rapid reading skillsusing techniques  with  the medium of film  running  flash  translation  in class  VII  C  SMP  N 2  Jepon.  The study design  usedclassroom action research  conducted in two cycles.  The results showed  an increase  of 19%  from  the average  value  in the first cycle 66 to 85 on the second cycle. This increase was followed by a change in the learning process becomes  more controlled  andconducive, as well as changes in students' behavior in a more positive direction.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK INKUIRI DAN LATIHAN TERBIMBING Hendi Wahyu Prayitno
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2: November 2013
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v2i2.2399

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan  proses pembelajaran keterampilan menulis puisi,  mendeskripsikan peningkatan  kemampuan menulis puisi, mendeskripsikan  perubahan sikap siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menulis  puisi  menggunakan teknik inkuiri dan latihan terbimbing.Proses tindakan  pada  siklus I dan Siklus II meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif.  Hasil  penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan teknik  inkuiri dan latihan terbimbing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 02 Boja . Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 66,81 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 81,46 atau dalam kategori baik. Pada siklus I ke siklus II meningkat 14,65 atau sebesar 21,93%. Peningkatan keterampilan menulis puisi juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif  ke perilaku positifThe purpose of the research are to describe the learning process of writing poetry, to describe the improvement of students’  skill in writing poetry, to describe the changes of students’  behavior, and to describe the students’ response to the learning activity in writing poetry by using inquiry technique and guided practice.  The action procces of cycle I and II include planning, action, observation, and reflection. The Instruments used in  the research are test and non-test. Data analysis technique used in the research are quantitative and qualitative.  The result of this study showed that there were some improvements in writing poetry using inquiry and guided practice technique of the students in class VIII SMP Negeri 02 Boja. The average of the students’ score in cycle 1 was 66.81 or in the enough category and increased in cyle 2 became 81.46 or in the good category. Cycle 1 increased 14.65 to cycle 2 or as big as 21.93%. The improvements of writing poetry was also followed by behavior change of the students from negative to positive behavior.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR Muhammad Zulfa Majid
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 2 No 2: November 2013
Publisher : Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/jpbsi.v2i2.2405

Abstract

Tujuan penelitian ini, adalah mendeskripsikan proses pembelajaran keterampilan menulis puisi, mendeskripsikan peningkatan  kemampuan menulis puisi, mendeskripsikan  perubahan sikap siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menulis  puisi  melalui model  quantum teaching  tipe TANDUR. Proses tindakan pada siklus I dan Siklus II meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes dan nontes. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif.  Hasil  penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis puisi  melalui model quantum teaching tipe TANDUR pada siswa kelas VIII D MTs Negeri Lebaksiu. Nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 66,85 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 79,41 atau dalam kategori baik. Pada siklus I ke siklus II meningkat 12,56 atau sebesar 18,79%. Peningkatan keterampilan menulis puisi juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa menjadi lebih berani mendemonstrasikan puisi didepan kelas dengan bukti peningkatan 21,62 atau 40%.The purpose of the research are to describe the learning process of writing poetry, to describe the improvement of students’  skill in writing poetry, to describe the changes of students’ behavior, and to describe the students ’ response to the learning activity in writing poetry by using  models quantum teaching type TANDUR. The action procces of cycle I and II include planning, action, observation, and reflection. The Instruments used in the research are test and non-test. Data analysis technique used in the research are quantitative and qualitative.  The result of this study showed that there were some improvements in writing poetry using models quantum teaching type TANDUR technique of the students in class VIII D MTs Negeri Lebaksiu. The average of the students’ score in cycle 1 was 66.85 or in the enough category and increased in cyle 2 became 79,41 or in the  good category. Cycle 1 increased 12,56 to cycle 2 or as big as 18,79%.  Uplifting of skill write the poem is also followed with the behavioral change of student become braver demonstrate the poem of in front of class with the improvement evidence 21,62 or 40%.

Page 1 of 15 | Total Record : 149