Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 4 No 2: Agustus 2015

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI MENYUSUN TEKS CERITA PROSEDUR PESERTA DIDIK KELAS VIII

Dewi Astuti (Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2015

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini: (1) mengetahui apakah model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan aspek sikap kemandirian belajar peserta didik kelas VIII; (2) mengetahui apakah model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan aspek pengetahuan menyusun teks cerita prosedur peserta didik kelas VIII; (3) mengetahui apakah model pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan aspek keterampilan menyusun teks cerita prosedur peserta didik kelas VIII. Penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design dengan kelas model berbasis proyek sebagai kelas eksperimen yaitu kelas VIII A. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kompetensi sikap kemandirian, pengetahuan, dan keterampilan menyusun teks cerita prosedur kelas VIII dilihat dari hasil uji n-gain aspek sikap secara klasikal meningkat dengan kategori rendah  sebesar 0,26 aspek pengetahuan secara klasikal meningkat dengan kategori sedang sebesar 0,51 dan aspek keterampilan secara klasikal meningkat dengan kategori sedang sebesar 0,52.  The aim of this study is: ((1) determine whether the project-based learning model is effective in improving aspects of self-reliant attitude of learners class VIII student learning self-reliance in developing procedures story text; (2) determine whether the project-based learning model is effective in improving the knowledge aspect in developing procedures story text class VIII; (3) determine whether the project-based learning model is effective in improving the skills aspect of the developing procedures story text class VIII. This study used a Group Pretest-Posttest Design with class-based models that project as an experimental class VIII A. The results showed that the model of project-based learning effective in improving skill of the attitude of self-reliance, knowledge, and skills compose text VIII class procedures story seen from the results n-gain test aspects of classical attitude increases with lower category of 0,26 aspect of classical knowledge to the medium category increased by 0,51 and aspects of classical skills increase with the category being 0,52.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and ...