Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 5 No 1: Mei 2016

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS BERITA PERISTIWA MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Suci Nur Amalia (Semarang State University)



Article Info

Publish Date
01 May 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsi kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar, membuat prototipe bahan ajar, memperoleh hasil penilaian dan saran perbaikan guru dan ahli, dan membuat perbaikan prototipe bahan ajar menulis berita peristiwa multikultural dengan pendekatan kontekstual untuk siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (research and development) yang dilakukan dalam lima tahap penelitian, yaitu survei pendahuluan, awal pengembangan prototipe, desain produk, validasi produk, dan perbaikan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dan guru membutuhkan bahan ajar yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan siswa-siswi terhadap teori dan praktik menulis berita sehingga keterampilan dalam menulis berita meningkat, bahan ajar terdiri atas enam bab, nilai rata-rata hasil uji validasi oleh guru sebesar 89,00 dan oleh dosen ahli sebesar 67,50, dan setelah dilakukan perbaikan bahan ajar hanya terdiri atas tiga bab.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and ...