Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 5 No 1: Mei 2016

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI MODEL THINK TALK WRITE DENGAN PEMANFAATAN MEDIA KLIPING FOTO JURNALISTIK PADA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 8 BATANG

Santika Damayanti Sari (Semarang State University)



Article Info

Publish Date
01 May 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks berita melalui model think talk write dengan pemanfaatan media kliping foto jurnalistik pada siswa kelas VIIIC SMP Negeri 8 Batang, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa setelah mengikuti pembelajaran ini, dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VIII C SMP Negeri 8 Batang selama mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan model think talk write dengan pemanfaatan media kliping foto jurnalistik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus II juga terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses pembelajaran menulis teks berita, menunjukkan adanya perubahan perilaku pada siswa, serta adanya peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa. Siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 67,3 dan siklus II sebesar 78. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I hingga siklus II sebesar 10,67.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and ...