Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang sangat penting dalam pendidikan. Penulis mengamati kegiatan menulis naskah drama di kelas VIII A SMP Negeri 2 Kedungwuni belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dan metode picture and picture, dan mendeskripsikan perubahan perilaku terhadap pembelajaran menulis naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture. Penelitian ini menggunakan media kartu gambar dan metode picture and picture dalam pembelajarannya yang diharapkan mampu membantu mengatasi kesulitan siswa dalam menulis naskah drama. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu teknik tes dan nontes. Untuk hasil tes siswa berupa naskah drama satu babak melalui media kartu gambar dengan metode picture and picture, sedangkan hasil nontes siswa berupa laporan hasil observasi, wawancara, jurnal siswa dan guru, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis naskah drama. Siklus I mencapai nilai rata-rata 63,24 dan siklus II mencapai nilai rata-rata 73,76.
Copyrights © 2016