Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 6 No 2: November 2017

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI MENGGUNAKAN TEKNIK AKROSTIK DAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA VIDEO KEINDAHAN ALAM UNTUK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 SEMARANG

Oki Dwi Errnawati (Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Santi Pratiwi Utami (Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2017

Abstract

Teknik pembelajaran menjadi salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran. Pembelajaran ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang menggunakan teknik akrostik dan teknik latihan terbimbing dengan media video keindahan alam serta menentukan perbedaan keefektifan antara kedua teknik tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menulis kreatif puisi efektif dilakukan menggunakan teknik akrostik dan teknik latihan terbimbing dengan media video keindahan alam. Pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 22 Semarang menggunakan teknik akrostik lebih efektif dibanding menggunakan teknik latihan terbimbing dengan media video keindahan alam. Kata kunci : teknik akrostik, teknik latihan terbimbing, media video keindahan alam, pembelajaran menulis kreatif puisi. Abstract Learning techniques become of component importent in the learning process. The purpose of this research to describe the effectiveness of study creative writing poetry using acrostic techniques and writing poetry using drill guidance techniques with natural beauty video media and determine the differencess effectiveness between both of two techniques. This research use nonequivalent control group design. The results showed that learning writing poetry effectively done using acrostic techniques and drill guidance techniques with natural beauty video media. But learning writing poetry in class VII SMP Negeri 22 Semarang using acrostic technique more effectively than using drill guidance. Key words: acrostic techniques, guidance drill techniques, natural beauty video media, creative writing poetry learning.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpbsi

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (P-ISSN 2252-6722, E-ISSN 2503-3476) is published by the Department of Indonesian Language and Literature, Faculty of Languages and Arts, Universitas Negeri Semarang. It publishes research-based articles in the field of language, literature, and ...