Analysis : Journal of Education
Vol 1 No 1 (2023)

UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERPEN PADA SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI DTRA (DIRECTED READING THINKING ACTIVITY) DI MIN 2 KOTA SUBULUSSALAM

Rini Eryani (MIN 2 Kota Subulussalam)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatkan keterampilan membaca cerpen (cerita pendek) pada siswa melalui penerapan strategi DTRA (Directed Reading Thinking Activity) di MIN 2 Kota Subulussalam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah siswa sebanyak 14 orang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dalam meningkatkan keterampilan pemahaman membaca cerita pendek pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di MIN 2 Kota Subulussalam. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat, di mana terjadi peningkatan yang signifikan, yaitu terdapat 14 peserta didik tuntas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita pendek siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MIN 2 Kota Subulussalam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

analysis

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Analysis is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including ...