Analysis : Journal of Education
Vol 1 No 1 (2023)

PENGARUH PENDEKATAN PUMPING STUDENT DALAM PEMBELAJARAN FIKIH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DI MTS TERPADU LANGSA

Mawaddah (MTs Terpadu Langsa)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pumping student dalam pembelajaran Fikih terhadap peningkatan kompetensi siswa di MTs Terpadu Langsa. Metode yang digunakan ialah penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil deskripsi data, uji persyaratan analisis, hasil penelitian, temuan penelitian dan keterbatasan penelitian maka peneliti memperoleh kesimpulan bahwa hasil perhitungan angket tentang penerapan pendekatan pumping student yang memiliki hasil rataan sebesar 58,6 median sebesar 55,5 modus sebesar 53,4 varians sebesar 87,37 dan simpangan baku sebesar 9, 35 dapat diterima dengan batas toleransi yang signifikan. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada pendekatan belajar pumping student dengan peningkatan kompetensi siswa dengan garis regresi Y=41,81 +0,44 X. Terdapat korelasi yang signifikan antara pendekatan pumping student dengan peningkatan kompetensi siswa pada mata pelajaran fikih di MTs Terpadu Langsa setelah dilakukan uji regresi dengan rumus product moment dengan hasil hitung 0,769 dengan tingkat hubungan yang kuat atau tinggi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan diketahui bahwa penerapan pendekatan pumping student baik diterapkan dan mampu berkontribusi pada peningkatan kompetensi siswa pada pelajaran fikih siswa MTs Terpadu Langsa, untuk itu diharapkan bagi guru mampu menerapkan pendekatan tersebut dengan baik sehingga dampak kepada siswa dapat lebih berpengaruh positif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

analysis

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Analysis is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including ...