Imamah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 1 No 2 (2023)

IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN REFLEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS

Nur Saidah Nur Saidah (MTs Arriyadhul Mukhlisin Mompang Jae, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada pelajaran al-Qur’an hadis. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 21 orang. Sedangkan objek penelitan ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadis dengan penerapan model pembelajaran reklektif. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sebelumnya proses pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan terhadap siswa. Adapun kelemahan pada proses pembelajaran tersebut yaitu berdampak pada pemahaman belajar, adanya miskonsepsi antar guru dan siswa, maka diperlukan solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan menerapkan model pembelajaran reflektif dalam pembelajaran al-Qur’an hadis. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran reflektif pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa bila diterapkan pada pelajaran al-Qur’an hadis di Kelas VIII MTs Arriyadhul Mukhlisin Mompang Jae

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

imamah

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Imamah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies in the field of Islamic education management. Articles published in journals are the result of research or thoughts in the field of ...