Penelitian ini mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa pada pelajaran al-Qur’an hadis. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 21 orang. Sedangkan objek penelitan ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadis dengan penerapan model pembelajaran reklektif. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Sebelumnya proses pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan terhadap siswa. Adapun kelemahan pada proses pembelajaran tersebut yaitu berdampak pada pemahaman belajar, adanya miskonsepsi antar guru dan siswa, maka diperlukan solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa dengan menerapkan model pembelajaran reflektif dalam pembelajaran al-Qur’an hadis. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran reflektif pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa bila diterapkan pada pelajaran al-Qur’an hadis di Kelas VIII MTs Arriyadhul Mukhlisin Mompang Jae
Copyrights © 2023