Rendahnya kualitas sumber daya pendidikan telah menyebabkan pergeseran sistem pendidikan nasional. Sistem pendidikan yang awalnya sentralistik dimana menempatkan sekolah sebagai penyelenggara pendidikan sangat bergantung kepada keputusan birorasi pemerintah pusat yang kadang hasil putusannya tidak sesuai dengan sumber daya sekolah tersebut yang pada akhirnya menyebabkan sekolah tidak memiliki inisiatif dan kreativitas sekolah menjadi kehilangan kemandirian, berganti menjadi sistem pendidikan yang disentralistik, otonomi pendidikan memberikan kewenangan kepada sekolah untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia, untuk memberdayakan sekolah sebagai ujung tombak otonomi pendidikan dengan demikian akan meningkatkan sumber daya sekolah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya otonomi pendidikan dalam meningkatkan sumber daya sekolah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana upaya otonomi pendidikan dalam meningkatkan sumber daya sekolah.. Hasil penelitian terkait upaya otonomi pendidikan dalam meningkatkan sumber daya sekolah adalah sumber daya bukan manusia otonomi pendidikan memberikan kebebasan pada sekolah untuk mengembangkan, memperdalam, memperkaya kurikulum muatan lokal, karena menyadari bahwa antara satu daerah dengan daerah lain memiliki kemampuan sumber daya yang berbeda. Selain itu untuk peningkatan sumber daya manusia maka diperlukan kegiatan pelatihan dan pembinaan dalam menunjang peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah, khususnya pelatihan dan pembinaan terkait proses pembelajaran, selanjutnya sumber daya fisik, dalam penyusunan perencanaan akan lebih baik jika dilakukan melalui rapat yang melibatkan seluruh warga sekolah dengan demikian akan terbentunya kerja sama yang baik membantu sekolah dalam menangani permasalah sekolah.
Copyrights © 2023