Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDIT dalam membentuk akhlak pada siswanya. Serta untuk mengetahui bagaimana akhlak pada siswa disekolah tersebut dan cara guru dalam mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengumpulkan data dengan cara observasi, wawancara dan pengamatan secara lansung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDIT Al-Fatiha Ampek Nagari Kabupaten Agam. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah : (1) Siswa kelas III di SDIT Al-Fatiha tersebut rutin melakukan shalat berjamaah di masjid sekolahnya, bersalaman dengan guru ketika hendak pulang, bersalaman jika ada kerabat yang mengunjunginya, dan berbicara sopan. (2) Terdapat tenaga pengajar yang penuh kesabaran menghadapi berbagai problem masing-masing siswanya, dan para guru yang menerapkan perannya sebagai guru disekolah. (3) Dari hasil observasi dan wawancara ditemukan faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak pada siswa baik internal maupun eksternal. (4) Metode yang diterapkan oleh guru PAI terbukti mampu memberikan perubahan kepada siswanya meskipun secara perlahan. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat mengetahui bagaimana peranan guru PAI di sekolah tersebut dalam membentuk akhlak pada muridnya dan apa saja tindakan yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi permasalahan akhlak pada siswanya.
Copyrights © 2023