Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
Vol 1, No 11 (2023): Desember

Penanaman Nilai Karakter Moral Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah At-Taqwa Candung

Hafis Hardi (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)
Fenny Ayu Monia (Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi)
Fitri Yelnita (Guru Pamong Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah At-Taqwa Candung)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan maraknya kasus-kasus moral yang terjadi di lingkungan sekitar, seperti beredarnya kasus melalui media sosial ataupun yang langsung tampak dilingkungan. Dengan adanya hal tersebut  maka terjadi degradasi moral yang mengindikasi kalangan siswa, baik dari kasus kenakalan siswa ataupun peserta didik yang melakukan tindakan yang tidak sewajarnya kepada pendidik seperti tidak menghargai guru dalam bersikap, tidak sopan santun dalam berbicara dan lain sebagainya. Maka dari itu lingkungan pendidikan harus mampu untuk menindak lanjuti kasus tersebut untuk menyiapkan generasi yang lebih baik dimasa depan. Dengan adanya pendidikan dan karakter religius yang diaplikasikan sejak anak usia dini maka anak didik dapat menghindari problematika dimasa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai karakter religius anak-anak dilingkungan sekolah terutama lagi dilingkungan madrasah dan pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui pelaksanaan praktek lapanagan(ppl) kepada peserta didik  yang ada di pondok  pesantren tarbiyah islamiyah. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilakukan,diharapkan anak didik tersebut tidak hanya mampu memahami teori saja tetapi juga mampu menerapkan nilai-nilai tersebut di dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2023