Pajak kendaraan roda dua merupakan salah satu sumber potensial yang dapat memberikan kontribusi signifikan bagi pendapatan daerah, namun di UPTDĀ Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Buleleng mengalami penurunan kepatuhan wajib pajak, hal ini menjadi hambatan utama dalam merealisasikan potensi sumber pendanaan bagi pemerintah daerah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh inovasi pelayanan, kualitas pelayanan dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan roda dua di UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Buleleng. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner berskala likert. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 100 orang menggunakan metode purposive sampling. Instrumen penelitian telah melalui tahapan pengujian validitas dan reliabilitas sehingga indikator yang digunakan layak untuk mengukur variabel. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda menggunakan aplikasi Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan inovasi pelayanan, kualitas pelayanan dan sosialisasi perpajakan berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan roda dua di UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Buleleng. Besarnya pengaruh inovasi pelayanan, kualitas pelayanan dan sosialisasi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan roda dua di UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi Bali di Kabupaten Buleleng sebesar 69,5%. Disarankan untuk mengimplementasikan teknologi digital dan terintegrasi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan, meningkatkan kualitas pelayanan, dan melakukan sosialisasi yang lebih intensif.
Copyrights © 2023