Penerapan tes HOTS masih terbatas, dilihat dari tes yang digunakan guru masih pada ranah C1 sampai C2, sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS belum diterapkan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan instrument tes HOTS pada Tema panas dan perpindahnya untuk siswa kelas V SD. Tes yang dikembangkan terdiri dari 35 butir soal pilihan ganda mengacu pada C4 sampai C6. Model pengembangan yang digunakan adalah formative research yang terdiri atas 3 tahap. Subyek uji coba adalah 40 orang siswa kelas V. Hasil ujicoba menunjukkan semua butir memenuhi validitas isi, koefisien reliabilitas instrumen sebesar 0,95 termasuk dalam kategori tinggi, indeks daya beda perangkat tes perangkat tes 11 butir soal cukup, 19 butir soal baik dan 5 butir soal sangat baik. Taraf kesukaran butir tes yang diperoleh yaitu 17% tergolong mudah, 42% tergolong sedang, dan 37% tergolong sukar. Analisis pengecoh berkisar 5% dengan kriteria baik Hasil probabilitas menunjukkan kemampuan peserta menjawab benar dan salah sama. Peluang butir tes yang cocok diuji meggunakan Teori Respon Butir 2 Parameter Logistik adalah 65,71% butir tes yang cocok. Instrumen Tes HOTS Teman 6 panas dan perpindahanya di kelas V SD yang dihasilkan mampu mengukur kemampuan siswa dan layak digunakan.
Copyrights © 2023