Rendahnya sikap ilmiah berdampak pada hasil belajar yang juga rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model inquiry terbimbing berbasis Sains Teknologi Masyarakat terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 297 siswa dan dipilih 112 siswa sebagai sampel melalui random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner sikap ilmiah dan tes obyektif hasil belajar IPA siswa. Data dianalisis menggunakan MANOVA satu jalur berbantuan program IBM SPSS Statistic 26.00 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model inquiry terbimbing berbasis STM secara simulatif terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa. Kedua, terdapat pengaruh model inquiry terbimbing berbasis STM terhadap sikap ilmiah siswa. Ketiga, terdapat pengaruh model inquiry terbimbing berbasis STM terhadap hasil belajar IPA siswa. Implikasi penelitian ini adalah dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi terkait rendahnya sikap ilmiah dan hasil belajar siswa SD kelas V sekolah dasar.
Copyrights © 2023